Apple plus Green Tea: My Investment

What meal u choose to start ur day?

A cup of tea plus sandwich?
Or fresh juice with fried rice?

Recently, I am used to start my day with a cup of green tea and an apple.


"An apple a day keeps the doctor away..."


Pepatah itulah yang awalnya bikin gw jd tertarik sama apel. Yang gw tau, apel itu berfungsi sebagai antioksidan, pencegah kanker. N setelah cari info ke sana sini, fungsi apel memang patut diperhitungkan untuk dimasukin sbg makanan sehari-hari. Apel dikenal sebagai antioksidan karena mengandung fitokimia yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. Mengingat agak sulit cari lingkungan yang bebas polusi penyebab radikal bebas, so salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah melawannya lewat makanan. Fitokimia dalam apel juga nggak bekerja sendirian, ada flavanoid yang membantu mengurangi resiko kanker dan quercetin yang bisa meningkatkan kadar antioksidan tubuh.


Konsumsi 1 buah apel (kira2 100gr) setiap hari bisa memenuhi 10% kebutuhan serat per hari (2,1 gr of 21 gr). Pastinya berguna bgt bwt kesehatan krn serat bisa mengikat kolesterol jahat dalam tubuh untuk dibuang ke luar.

Then, gimana cara terbaik mengkonsumsinya?

Yang pasti lebih baik makan apel dengan kulitnya karena fitokimia dalam daging buah akan bekerja lebih optimal kalau digabung dgn fitokimia pada kulit apel. Tapi perlu hati-hati dengan lilin yang ada pada kulit. Meski fitokimia di kulit bagus, tapi kalau dicampur "vitamin" lilin bisa bahaya. Pilihlah apel yang kulitnya tidak mengkilat. Biasanya gue pilih apel Fuji atau Royal Gala karena lebih aman daripada apel jenis Washington. Kalau mau lebih aman lagi bisa dites dengan menggores pisau pada kulit apel. Kalau ada lapisan lilinya, pasti mengelupas saat digores.

Dan ternyata apel ini bukan makanan yang "individualist".Selain dimakan dengan kulitnya, apel juga punya pasangan yang pas buat dikonsumsi bareng. Apel akan lebih berkhasiat kalau dikombinasikan dengan "soulmate"nya; green tea.

Makan apel aja udah sehat, n kalau dikombinasi dengan teh hijau, khasiatnya jadi 1+1 = 4. Kenapa? Karena teh hijau kaya antioksidan yang berasal dari katekin dan vit E. Kalau digabung dengan fitokimia pada apel, hasilnya jadi lebih maksimal. Lebih baik minum tehnya tanpa gula dan dalam dosis yang normal (baca di kemasan produk teh).

Of course it's not my breakfast. Kira-kira 30 menit setelah makan apel+teh hijau, gw sarapan seperti biasa.

Itung-itung menabung untuk masa depan. Kita nggak tau berapa banyak radikal bebas yang udah masuk ke tubuh dan mungkin udah mulai menggerogoti sel tubuh yang akhirnya bisa merusak sel sehingga menimbulkan penuaan dini or lebih parah lagi menyebabkan kanker. Apalagi belakangan gue tau deodoran yang gue pakai (dan sebagian besar merek deo) mengandung alumunium chlorhydraat yang bisa menyebabkan kanker payudara. Oh, No! Udah berapa tahun gue pake produk itu? Aaaa....!

So, let's start investing!


(NB: artikel ini dibuat berdasarkan berbagai sumber. For more information, bisa cari-cari lewat search engine)

0 comments: