Millennium Actress, Unik tapi membingungkan

“Film yang aneh” - itu kesan pertama yang gue dapat setelah menonton film ini.

Film Millenium Actress ini merupakan film animasi. Film ini berkisah tentang seorang artis berusia 70 tahun, Chioyoko, yang sedang menceritakan kisahnya di masa muda dalam mencari seorang pemuda misterius kepada dua orang wartawan, Genya dan Kyoji. Chioyoko menceritakan suatu hari ia bertemu dengan pemuda misterius yang memberikannya sebuah kunci. Kemudian pria itu pergi tiba-tiba. Chioyoko yang merasa harus mengembalikan kunci itu padanya, menerima tawaran untuk menjadi pemeran film dengan tujuan agar bisa bertemu dengan pria yang ternyata sudah dicintainya.


Dari segi penceritaan, alur cerita dalam film ini agak membingungkan. Karena menceritakan masa lalu, setting dalam film ini berubah begitu cepat. Selain itu, karena di masa muda Chioyoko merupakan seorang artis, jadi ada kilas balik ketika Chioyoko film-film yang pernah diperankannya. Ketika kilas balik, sulit membedakan mana yang merupakan kisah nyata chioyoko dan mana yang merupakan film yang dimainkan Chioyoko. Kilas balik yang diceritakan Chioyoko terkadang bersambung dengan kilas balik di masa yang berbeda sehingga agak membingungkan. Mungkin maksud sutradara membuat Chioyoko yang berpindah-pindah dari satu film ke film lainnya dengan era yang berbeda untuk menunjukkan perubahan waktu, namun membuat alurnya menjadi sulit dicerna. Begitu pula kemunculan Genya dengan berbagai peran secara tiba-tiba dan terlibat dalam kilas balik tersebut membuat jadi membingungkan. Apakah Genya benar-benar terlibat pada kejadian sebenarnya atau hanya khayalan Genya. Terkadang ia muncul sebagai pendekar, pelayan dan sebagainya. Misalnya saja saat ia tiba-tiba muncul sebagai pendekar yang membantu Chioyoko melarikan diri dari kejaran. Apakah peran tersebut memang ada atau hanya khayalan Genya saja. Jika tidak ada, bagaimana nasib Chioyoko saat dikejar orang-orang tersebut? Siapa yang menolongnya?


Meskipun alur ceritanya cukup membingungkan, sebenarnya film ini memiliki sisi komedinya juga. Keikutsertaan Genya dan Kyoji dalam kilas balik kehidupan Chioyoko memberikan kesegaran pada film ini. Mereka tiba-tiba saja muncul dalam kilas balik tersebut seakan-akan sedang meliput suatu berita langsung di tempat kejadian. Ekspresi kedua tokoh ini lucu sehingga mengundang tawa. Misalnya saja saat ada kejadian yang menyedihkan, lalu keduanya ikut menangis ataupun tingkah laku mereka yang terlihat sibuk mengejar-ngejar Chioyoko yang sedang berlari. Begitu pula saat Genya tiba-tiba menjadi tokoh dalam masa lalu itu dengan gaya yang aneh-aneh dan lucu.

Secara keseluruhan, film Millennium Actress ini cukup menghibur, terutama untuk tokoh Genya dan Kyoji. Tapi alur ceritanya terlalu rumit sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kalau film ini dibuat versi orang mungkin akan menarik. Apalagi kalau pemeran Genya dan Kyoji memiliki wajah yang lucu pula. Dan meskipun alurnya aneh, ternyata film ini menginspirasi gue untuk membuat drama dengan pengaluran yang bolak-balik kayak di film ini. Ternyata menarik juga.

0 comments: